FUADY, IRSAN (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Aktive Learning Tipe Rotating Trio Exchange (Rte) Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Sma Negeri I Godong Di Klambu Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (472kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (114kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Download (258kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (527kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam proses pelajaran Akuntansi melalui penerapan metode pembelajaran Active Learning Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Godong di Klambu tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan yaitu reduksi data, pengumpulan data, penarikan kesimpulan. Prosedur dalam Penelitian ini ada lima tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, validitas dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan dalam pembelajaran akuntansi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keaktifan siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 20,89%; (2) keaktifan siswa setelah siklus I meningkat sebesar 58,62% dan; (3) keaktifan siswa setelah siklus II meningkat menjadi 85,78%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Active Learning Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Godong di Klambu tahun ajaran 2012/2013 diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran Active Learning Tipe Rotating Trio Exchange (RTE), keaktifan siswa, pembelajaran akuntansi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 30 Oct 2012 12:02 |
Last Modified: | 30 Oct 2012 12:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20896 |
Actions (login required)
View Item |