Triyono, Triyono (2012) Pengelolaan Fullday School Di Sdit Qurrota A’yun Ponorogo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman Depan)
2.Halaman_Depan.pdf Download (363kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
3.BAB_I.pdf Download (121kB) |
|
PDF (Bab 2)
4.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab 3)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab 4)
6.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (bab 5)
7.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
||
PDF (Bab 6)
8.BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
|
PDF (daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.lampiran_gambar.pdf Restricted to Repository staff only Download (935kB) |
Abstract
Pada masa sekarang ini banyak pendidikan yang diselenggarakan dengan sekolah sehari penuh (full day school). Salah satu full day school adalah Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Qurrota A’yun Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik pengelolaan kurikulum Full Day School di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo; (2) karakteristik pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) di. Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Qurrota A’yun Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah multi metodologi. Analisis data diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya data diperoleh melalui angket (questionare). Indikator penilaian menggunakan rating scale dengan tingkatan sangat baik, baik, cukup, kurang dan kurang sekali. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik pengelolaan kurikulum Full Day School di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo meliputi; SDIT Qurrota A’yun memadukan kurikulum DIKNAS (KTSP) dan Agama Islam. (2) karakteristik pengelolaan SDM di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo berhasil dengan baik karena kemampuan kepala sekolah menerapkan strategi dalam mengelola rekrutmen siswa baru melalui wawancara dan permainan. Pembinaan disiplin guru dilakukan melalui media tausiah morning dan pembinaan kompetensi professional. Artinya guru dimotivasi secara instrinsik maupun ekstrinsik. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan melalui test akhir semester dan diadakan buku penghubung. Buku ini berguna untuk mengetahui perkembangan belajar siswa dari waktu ke waktu. Selain itu kepala sekolah dituntut untuk mampu mengidentifikasi hambatan belajar dan mencari solusi yang tepat.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, full day school, sekolah unggul, fasilitas, Sumber Daya Manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 24 Oct 2012 10:50 |
Last Modified: | 24 Oct 2012 12:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20844 |
Actions (login required)
View Item |