Nilai-Nilai Pengelolaan Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Unggul (Studi Situs SD Pangudi Luhur Bernardus Semarang)

Suyadi, Yohanes (2012) Nilai-Nilai Pengelolaan Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Unggul (Studi Situs SD Pangudi Luhur Bernardus Semarang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (444kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (251kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan tentang (1) Karakteristik nilai-nilai pendidik SD Pangudi Luhur Bernardus Semarang dalam aktivitas pengelolaan pembelajaran, (2) Karakteristik nilai-nilai peserta didik SD Pangudi Luhur Bernardus Semarang dalam aktivitas pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik SD Pangudi Luhur Bernardus Semarang. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confirmability (objektivitas). Hasil penelitian ini adalah (1) Karakteristik nilai-nilai pendidik SD Pangudi Luhur Bernardus Semarang dalam aktivitas pengelolaan pembelajaran meliputi: profesional, realistis, kritis, kontekstual, konsisten, obyektif, terencana, tertib, disiplin, memberdayakan peserta didik, kreatif, inovatif, bersemangat, sepenuh hati, dapat membangkitkan motivasi peserta didik, dapat membangun suasana yang menyenangkan, mengembangkan komunikasi, mengembangkan keterbukaan, memiliki jiwa seni, mengembangkan relasi yang positip, mengedepankan sikap pelayanan, ramah, sabar, menjadi pendengar yang baik, berpenampilan menyenangkan, tidak menyalahkan, dan mengembangkan kerja sama. Karakteristik nilai tentang kompetensi profesional pendidik SD Pangudi Luhur Bernardus Semarang diantaranya berhubungan dengan : kemampuan dalam penguasaan materi pembelajaran, kemampuan dalam menyusun program pembelajaran, kemampuan dalam merancang dan memanfaatkan berbagai media pembelajaran, dan kemampuan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran.(2) Karakteristik nilai-nilai peserta didik SD Pangudi Luhur Bernardus Semarang meliputi: beriman, berwatak, dan berbudi pekerti luhur. Karakteristik beriman ditunjukkan melalui kegiatan pengembangan religiusitas peserta didik agar dapat berkembang menjadi pribadi yang beriman. Karakteristik nilai peserta didik yang berwatak di dalamnya terkandung nilai-nilai: antusias, aktif, kreatif, ceria, memiliki motivasi yang tinggi, belajar dengan senang hati, tekun, bertanggung jawab, mandiri, tertib, disiplin, dan percaya diri. Karakteristik nilai peserta didik yang berbudi pekerti luhur di dalamnya terkandung nilai-nilai: sopan, patuh, ramah, jujur, murah hati, menghargai orang lain, dan dapat bekerja sama.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, pembelajaran, nilai-nilai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 15 Oct 2012 07:02
Last Modified: 15 Oct 2012 07:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20686

Actions (login required)

View Item View Item