Katoningsih, Sri (2012) Pengelolaan Logical Thinking Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas X Di Sma Negeri 1 Purwodadi. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (220kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (75kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (134kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
Abstract
Tujuan pada penelitian ini ada 2 yaitu 1) mendeskripsikan karakteristik perencanaan pelatihan logical thinking menggunakan logic puzzle dalam narrative text pelajaran Bahasa Inggris kelas X SMA N 1 Purwodadi. 2) mendeskripsikan karakteristik implementasi pelatihan logical thinking menggunakan logic puzzle dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas X SMA N 1 Purwodadi Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA N 1 Purwodadi Kabupaten Grobogan. Data pada penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Sumber data berupa arsip dan dokumen, serta foto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan teknik member chek dan teknik trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran bahasa inggris di SMA Negeri 1 Purwodadi sangat bagus. Gu ru bahasa inggris yang berkompeten dan professional dan didukung dengan media pembelajaran yang memadai seperti LCD, Lab bahasa dan handout yang berkualitas. Akan tetapi mereka mempunyai masalah dalam hal reading. Padahal, reading tidak akan pernah lepas dari pelajaran bahasa inggris. mereka mengalami kesulitan dalam hal menalar apa makna dari kata yang digunakan dalam teks bacaan. Terlebih lagi pada teks narrative, seringnya terdapat kata- kata yang berbentuk ungkapan yang harus dinalar secara lebih ,(2) Pembelajaran bahasa inggris menggunakan logical thinking dapat membuat siswa menyelesaikan pertanyaan- pertanyaan dalam teks narrative tidak terlalu sulit. Logic puzzle memang sedikit rumit pada awal permulaan, karena kita belum tahu sebelumnya tentang logic puzzle. Dalam logic puzzle, kita harus menganalisis bacaan terlebih dahulu dengan membuat clue-clue tentang hal penting yang terdapat dalam teks. Sehingga, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan mudah dengan melihat clue yang telah kita buat sebelumnya. Setelah terlatih, siswa akan lebih cepat dalam mengerjakan soal- soal teks narrative.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | logical thinking, prestasi reading, logic puzzle |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 11 Oct 2012 11:37 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 02:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20632 |
Actions (login required)
View Item |