Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2011

Muchlis, Muchlis (2012) Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN__Autosaved_.pdf

Download (321kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN__Recovered_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (134kB)

Abstract

Berbicara tentang pendidikan di lingkungan sekolah, untuk mendukung proses belajar mengajar dan kesediaan data informasi tidak bisa mengabaikan keberadaan dan pentingnya perpustakaan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang tentang satuan satuan pendidikan, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat, harus menyediakan sumber belajar. Salah satu sumber belajar tersebut adalah perpustakaan. Perpustakaan merupakan institusi pengelola karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, dan rekreasi para pemustaka. Tujuan utama didirikannya perpustakaan adalah untuk memfasilitasi agar terciptanya masyarakat yang terdidik, terpelajar, terbiasa membaca, dan berbudaya tinggi. Masyarakat yang demikian itu mempunyai pandangan dan wawasan yang luas, mandiri, percaya diri, dan terbuka untuk senantiasa mengikuti perkembangan dan kemajuan zaman. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) guru ditempatkan sebagai fasilitator dan mediator yang membantu agar proses belajar siswa berjalan dengan baik. Sistem KTSP menuntut siswa untuk mandiri dalam belajar dan mengerjakan tugas dari para guru. Keberadaan perpustakaan sangat membantu siswa dalam mencari sumber rujukan yang mereka butuhkan dalam memahami pelajaran dan menambah wawasan keilmuan mereka. Berdirinya perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta bertujuan memberikan pelayanan kepada siswa untuk memudahkan mereka dalam menimba ilmu. Tema penelitian yang penulis bahas dalam skripsi ini adalah bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Objek dalam penelitian ini adalah pegawai/petugas perpustakaan dan siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Data dalam penelitian ini didapat dari hasil dokumentasi, oservasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini bahwa bentuk-bentuk pemanfaatan perpustakaan oleh siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta adalah sebagai tempat edukasi atau pembelajaran, sebagai tempat informasi, sebagai tempat rekreasi yang lebih berhubungan dengan ilmu pengetahuan, serta sebagai kelas alternatif. Faktor pendukung pemanfaatan perpustakaan ini adalah tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung, masukan dari siswa maupun guru untuk melengkapi koleksi buku yang belum ada sehingga menambah kelengkapan koleksi perpustakaan dan komitmen yang baik dari seluruh pihak sekolah untuk memajukan perpustakaan. Sedangkan faktor penghambat dalam pemanfaatan perpustakaan ini adalah koleksi buku yang belum lengkap, serta kekurangan anggota petugas sehingga hal ini menyulitkan dalam mengelola dan mengembangkan perpustakaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Sumber Belajar, SMA Muhammadiyah 1 Surakarta
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 Sep 2012 04:25
Last Modified: 29 Sep 2012 08:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20370

Actions (login required)

View Item View Item