Penerapan Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 28 Solo Baru Tahun Pelajaran 2011/2012

Nengseh, Yumani (2012) Penerapan Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 28 Solo Baru Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (936kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (106kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam yang berjalan di sekolah selama ini masih didominasi oleh kelas yang berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, ceramah menjadi pilihan utama dalam menentukan strategi belajar, sehingga sering mengabaikan pengetahuan awal siswa. Salah satu alternatif yang bisa digunakan agar proses pembelajaran lebih efektif dan efisien adalah dengan penerapan suatu paradigma baru dalam pembelajaran di kelas yaitu dengan pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 28 Solo Baru serta untuk mendeskripsikan penerapan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 28 Solo Baru. Subyek dalam penelitian ini ialah guru PAI dan siswa kelas III Al-Balad yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Recearch) kolaboratif. Data yang diperlukan diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data digunakan metode kualitatif deskriptif yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu pengumpulan data dan sekaligus reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum penerapan CTL masih kurang. Motivasi belajar siswa setelah penerapan CTL sudah lebih baik, hal ini dapat dilihat bahwa kegiatan diskusi kelompok tidak lagi didominasi oleh siswa yang aktif saja, tetapi mereka yang pasif pun sudah dapat aktif dan mengikuti diskusi kelompok dengan baik. CTL yang dipakai dalam pembelajaran adalah enam dari tujuh komponen CTL, yaitu; constructivism (konstruktivisme, membangun, membentuk), questioning (bertanya), inquiry (menyelidiki, menemukan), learning community (masyarakat belajar), reflection (refleksi atau umpan balik) dan authentic assessment (penilaian yang sebenarnya). Kecuali modelling (pemodelan).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CTL, motivasi belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Sep 2012 06:34
Last Modified: 28 Sep 2012 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20354

Actions (login required)

View Item View Item