Sari, Dyah Ayu Kartika (2012) Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecenderungan Menyontek Pada Siswa Sma. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (307kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Dafpus)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (238kB) |
Abstract
Menyontek adalah salah satu fenomena pendidikan yang sering dan bahkan selalu muncul menyertai aktivitas proses belajar mengajar sehari–hari tetapi jarang mendapat pembahasan dalam wacana pendidikan di Indonesia. Kurangnya pembahasan mengenai menyontek mungkin disebabkan karena kebanyakan pakar menganggap persoalan ini sebagai sesuatu yang sifatnya sepele, padahal masalah menyontek sesungguhnya merupakan sesuatu yang sangat mendasar. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku menyontek, salah satunya yaitu kepercayaan diri. Siswa yang memiliki aspek-aspek kepercayaan diri maka siswa akan merasa yakin, kebiasaan belajar yang baik, disiplin, tidak terpengaruh teman, tidak takut gagal, motivasi belajar tinggi, jujur, sehingga hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pekerjaan mampu diatasi sebaik mungkin, hal tersebut akan menurunkan kecenderungan menyontek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara kepercayaan diri dengan kecenderungan menyontek pada siswa SMA, 2) Sumbangan atau peran kepercayaan diri terhadap kecenderungan menyontek pada siswa SMA, 3) Tingkat kepercayaan diri dan kecenderungan menyontek pada siswa SMA. Hipotesis yang diajukan ada hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan kecenderungan menyontek. Subjek penelitian adalah siswa-siswa SMA Negeri 7 Surakarta kelas XI IPS2 berjumlah 34 siswa dan XI IPS4 berjumlah 35 siswa. Jadi jumlah siswa untuk penelitian ada 69 siswa.. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data me nggunakan skala kepercayaan diri dan skala kecenderungan menyontek. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan analisis diperoleh nilai korelasi rxy= -0,570, p = 0,000 (p < 0,01). Artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dengan kecenderungan menyontek. Semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin rendah kecenderungan menyontek, demikian pula sebaliknya semakin rendah kepercayaan diri maka semakin tinggi kecenderungan menyontek. Sumbangan efektif kepercayaan diri terhadap kecenderungan menyontek sebesar 32,4%, Kepercayaan diri subjek penelitian tergolong sedang, nilai rerata empirik (RE) = 117,522 dan rerata hipotetik (RH) = 115. Kecenderungan menyontek pada subjek penelitian tergolong sedang, nilai rerata empirik (RE) = 138,609 dan rerata hipotetik (RH) = 137,5. Berdasarkan uraian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dengan kecenderungan menyontek. Sumbangan efektif kepercayaan diri taerhadap kecenderungan menyontek cukup besar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepercayaan diri, kecenderungan menyonte |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 27 Sep 2012 11:13 |
Last Modified: | 28 Sep 2012 05:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20328 |
Actions (login required)
View Item |