PREMANA, HIMAWAN KRESNA (2012) Analisis Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Umur Rencana Perkerasan Jalan Dengan Metode Analitis (Studi Kasus Jalan Tol Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf Download (214kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
4._BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
11._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (409kB) |
|
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab VI)
9._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
Abstract
Dalam merencanakan perkerasan jalan harus memenuhi beberapa faktor, salah satunya yaitu loading time yang dipengaruhi oleh kecepatan. Material aspal yang bersifat viscoelastic menjadikan karakteristik lapisan beraspal sangat sensitif terhadap lama pembebanan. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai nilai kekakuan (stiffness) dan hubungannya dengan kecepatan kendaraan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap perubahan umur rencana jalan perlu dikembangkan dengan cara melakukan sebuah penelitian simulasi tentang dampak lama pembebanan (loading time) terhadap umur perkerasan jalan tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Jasa Marga Jawa Tengah. Data-data tersebut adalah kecepatan rata-rata dari kendaraan, suhu udara rata-rata tahunan, lalu lintas harian rata-rata, tebal, jenis dan karakteristik material perkerasan, dan sebagainya. Data tersebut kemudian diolah menjadi data masukan dalam analisis menggunakan Nottingham Design Method untuk mencari nilai yang dibutuhkan sebagai input ke Program Bisar 3.0. kemudian menganalisis stress dan strain yang dipakai untuk menghitung besarnya umur rencana perkerasan jalan. Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecepatan kendaraan yang melewati suatu jalan, maka umur pelayanannya (N) semakin lama, pada kondisi fatigue cracking (retak lelah) maupun deformasi permanen dapat dikatakan bahwa semakin tinggi kecepatan, maka daya rusak yang ditimbulkan terhadap jalan tersebut akan lebih rendah sehingga kemampuan jalan untuk melayani lalu lintas akan semakin lama. Untuk hubungan kecepatan kendaraan dengan umur perkerasan jalan, dapat dirumuskan sebagai berikut, Fatigue kritis : y = 1,824ln(x) + 122,3; Fatigue gagal : y = 1,826ln(x) + 158,2; Deformasi kritis : y = 1,775ln(x) + 57,18; Deformasi gagal : y = 1,779ln(x) + 95,13; Dimana y adalah umur pelayanan jalan dan x adalah kecepatan kendaraan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Loading Time, Nottingham Design Method, Umur Rencana. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 19 Sep 2012 11:51 |
Last Modified: | 19 Sep 2012 11:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20104 |
Actions (login required)
View Item |