KONSTRUKSI PEMBERITAAN GERAKAN AHMADIYAH DI MEDIA INTERNET (Studi Analisis Framing tentang Pemberitaan Gerakan Ahmadiyah di Republika Online dan Tempointeraktif.com Periode Februari-Maret 2011)

APRILIYADI,, ILLI (2012) KONSTRUKSI PEMBERITAAN GERAKAN AHMADIYAH DI MEDIA INTERNET (Studi Analisis Framing tentang Pemberitaan Gerakan Ahmadiyah di Republika Online dan Tempointeraktif.com Periode Februari-Maret 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Dafpus)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Full.pdf

Download (1MB)

Abstract

ILLI APRILIYADI, L100070128, KONSTRUKSI PEMBERITAAN GERAKAN AHMADIYAH DI MEDIA INTERNET (Studi Analisis Framing Tentang Pemberitaan Gerakan Ahmadiyah di Republika Online dan Tempointeraktif.com Periode Februari-Maret 2011. Skripsi Prodi Ilmu Komunikasi. Fakultas Komunikasi Dan Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2012. Keanekaragaman suku, agama dan budaya di Indonesia merupakan sebuah fenomena yang menarik. Di negeri yang kaya akan pulau ini berkembang berbagai agama. Salah satunya adalah agama Islam yang menjadi agama mayoritas penduduk Indonesia. Keberadaan gerakan Ahmadiyah yang merupakan salah satu aliran Islam yang dianggap menyimpang mendapat perhatian dari berbagai kalangan termasuk media. Keberadaan Ahmadiyah banyak diberitakan di sejumlah media termasuk media internet Republika Online dan Tempointeraktif.com. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Republika Online dan Tempointeraktif.com dalam memaknai, menyikapi dan membingkai berita tentang Ahmadiyah serta untuk mengetahui bagaimana posisi kedua media tersebut dalam mengkonstruksi pemberitaan tentang Ahmadiyah. Ruang lingkup dari penelitian ini adalah berita tentang Ahmadiyah pada situs www.republika.co.id dan www.tempo.co periode Februari-Maret 2011. Dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan analisis framing. Model framing yang digunakan adalah model framing Robert Entman. Oleh Entman, framing digunakan untuk menggambarkan proses seleksi dan menonjolkan aspek tertentu dari realitas oleh media. Dengan menggunakan konsepsi Entman bisa dilihat berita yang dikonstruksi secara lebih rinci dengan menggunakan empat perangkat framing, define problems (pendefinisian masalah), diagnose causes (memperkirakan masalah), make moral judgement/evaluation (memperkirakan masalah), treatment recommendation (menekankan penyelesaian). Hasil analisis framing dengan menggunakan konsep Robert Entman tentang pemberitaan Ahmadiyah di Republika Online dan Tempointeraktif.com berbeda. Bagi Republika Online, konstruksi tentang Ahmadiyah dibingkai sebagai aliran yang menyimpang karena keluar dari ajaran Islam. Ahmadiyah dianggap sebagai sebuah ajaran agama Islam yang dapat meresahkan masyarakat. Sedangkan Tempointeraktif.com, konstruksi pemberitaan tentang Ahmadiyah dibingkai sebagai sebuah aliran yang memiliki hak untuk berkeyakinan dan aksi penyerangan yang menewaskan warga Ahmadiyah merupakan suatu pelanggaran HAM.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Konstruksi, Berita, Ahmadiyah, Framing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2012 11:19
Last Modified: 19 Sep 2012 11:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20098

Actions (login required)

View Item View Item