Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok B Tk Kenari III Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013

RUMNINGSIH, RUMNINGSIH (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok B Tk Kenari III Musuk Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal. Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (585kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B TK Kenari III Musuk Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas B TK kenari III Musuk yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang perkembangan kemampuan membaca anak, catatan lapangan digunakan untuk mencatat kejadian yang terjadi diluar perencanaan, dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat pembelajaran membaca. Hasil penelitian ni menunjukan bahwa tingkat kemampuan membaca anak kelas B TK Kenari III Musuk tahun pelajaran 2012 / 2013 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu anak yang mampu membaca hanya 45,3%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati dengan menggunakan permainan kartu bergambar pada proses pembelajaran membaca anak diperoleh hasil yaitu siklus I mencapai 53%, siklus II meningkat menjadi 65,8%, dan siklus III peningkatan mencapai 77%. Hasil penelitian ini sudah mencapai indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “ Dengan menggunakan permainan kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Kenari III Musuk tahun pelajaran 2012 / 2013 “, terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode permainan kartu bergambar, kemampuan membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 19 Sep 2012 10:56
Last Modified: 19 Sep 2012 13:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20090

Actions (login required)

View Item View Item