Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Tentang Konsep Organ Tubuh Manusia Melalui Alat Peraga Torso Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sambon Tahun 2012/2013

Ismiyati, Sri (2012) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Tentang Konsep Organ Tubuh Manusia Melalui Alat Peraga Torso Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sambon Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
BAB_00-SRI_ISMIYATI.pdf

Download (169kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1_ISMIYATI.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2_ISMIYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3_ISMIYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4_ISMIYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5_ISMIYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_ISMIYATI.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
BAB_LAMPIRAN-LAMPIRAN_ISMIYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengajaran IPA selama ini lebih sering dilakukan di kelas dan hanya berpedoman pada buku pendamping saja, siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan yang sebenarnya. Kurang diminatinya pelajaran IPA karena proses pembelajarannya hanya di dalam kelas dan metode pembelajaran kurang bervariasi. Saat ini hanya sekitar 60% saja siswa yang memiliki kesiapan yang cukup untuk belajar di kelas, sehingga dapat mengikuti secara aktif dalam setiap proses pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan pada guru dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar tentang konsep organ tubuh manusia melalui alat peraga Torso pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Sambon Boyolali pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 19 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Alat analisis data yang digunakan dengan analisis per siklus dengan indikator kinerja 65% dari aktivitas dan hasil belajar tiap siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa : Perolehan nilai motivasi belajar Pra Siklus, siswa yang tergolong tuntas ada 6 siswa (31,58%), yang belum tuntas ada 13 siswa (68,42%). Perolehan nilai Siklus I siswa yang tergolong tuntas bertambah menjadi 14 siswa (73,68%), dan yang belum tuntas 5 siswa (26,32%). Perolehan nilai Siklus II siswa yang tergolong tuntas bertambah lagi 18 siswa (94,74%), yang belum tuntas ada 1 siswa. Hal ini menunjukan suatu keberhasilan dari penggunaan alat peraga Torso dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Boyolali tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Motivasi belajar, Alat peraga Torso.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:22
Last Modified: 18 Sep 2012 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20040

Actions (login required)

View Item View Item