Sujarwanti, Anik (2012) Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Melalui Metode Bercerita Di TK Jatirejo Ngargoyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2011–2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (455kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (387kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B melalui metode bercerita di Taman Kanak-kanak Jatirejo Ngargoyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2011-2012. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang disebut juga dengan Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Subyek penelitian adalah anak-anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Jatirejo Ngargoyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2011-2012. Data kemampuan berbicara anak dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data kemampuan berbicara dianalisis dengan teknik analisis komparatif yaitu membandingkan rata-rata capaian anak dengan indikator kinerja, sedangkan data penerapan bercerita menggunakan teknik analisis interaktif yaitu menganalisis kelebihan dan kekurangan untuk dapat melanjutkan kepenelitian selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita mampu meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Jatirejo Ngargoyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2011-2012. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase dari prasiklus sampai dengan siklus II, yaitu prasiklus kemampuan berbicara anak mencapai 39%, siklus I mencapai 66%, dan siklus II mencapai 85%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan Berbicara, Metode Bercerita |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 17 Sep 2012 06:25 |
Last Modified: | 17 Sep 2012 08:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19971 |
Actions (login required)
View Item |