Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Melalui Strategi Student Teams Achievement Division (STAD) Menggunakan Media Permainan Monopoli Pada Siswa Kelas VII B SMP N 3 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012

Nur Hasri, Rizqi Wardhany (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Melalui Strategi Student Teams Achievement Division (STAD) Menggunakan Media Permainan Monopoli Pada Siswa Kelas VII B SMP N 3 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (479kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (221kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran kelas VII B SMPN 3 Kartasura yang terdapat kelemahan, antara lain: partisipasi siswa masih rendah, siswa ramai dan tidak aktif, pembelajaran masih berpusat pada guru, hal ini yang mengakibatkan hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif maupun aspek afektif pada materi ekosistem kelas VII B SMPN 3 Kartasura tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif STAD melalui permainan monopoli. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi yang terlaksana sebanyak 2 siklus. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara deskriptif kualitatif dengan menggunakan triangulasi data yaitu kombinasi dari beragam sumber data, tenaga, peneliti, teori dan teknik metodologi logis atas gejala sosial. Sumber data diperoleh dari hasil belajar siswa (aspek kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dan kolaborator. Penelitian ini diawali dengan pembentukan kelompok secara heterogen untuk mendiskusikan materi ekosistem yang di akhiri kesimpulan dan pelaksanaan post-test setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar disetiap siklus. Banyaknya siswa yang tuntas KKM (> 69) sebelum tindakan sebanyak 17 siswa (47,2%), siklus I meningkat menjadi 30 siswa (83%) dan pada sikus II sebesar 33 siswa (91%) Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 64,55 meningkat pada siklus I yaitu 72,77 dan pada siklus II menjadi 80,69. Rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif perilaku berkarakter pada saat observasi diperoleh sebesar 9,2 (Cukup), siklus I 12,8 (Berminat) dan pada siklus II diperoleh 13,9 (Berminat). Rata-rata aspek afektif ketrampilan sosial pada saat observasi sebesar 10,1 (Cukup), siklus I diperoleh 11,9 (Berminat) dan pada siklus II diperoleh sebesar 13 (Berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif STAD melalui permainan monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif pada materi ekosistem kelas VII B SMPN 3 Kartasura 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar kognitif, afektif, STAD, permainan monopoli, ekosistem.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Sep 2012 09:43
Last Modified: 11 Sep 2012 09:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19835

Actions (login required)

View Item View Item