Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Kognitif Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit

Erlifianingsih, Sherly Rosiana (2012) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Kognitif Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (458kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasiKUUU.pdf

Download (295kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan pembelajaran langsung terhadap kemampuan kognitif, (2) perbedaan pengaruh antara motivasi belajar siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif, dan (3) interaksi antara pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan pembelajaran langsung terhadap kemampuan kognitif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit yang berjumlah 149 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 49 siswa, yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelas eksperimen I dan 24 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov (Liliefors) untuk uji normalitas dan metode test of homogeneity of variances (Bartlet) untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan kognitif siswa dengan FA = 11,057, (2) tidak ada perbedaan pengaruh antara motivasi belajar siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa dengan FB = 0,211, dan (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif dengan FAB = 1,727

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan-Kognitif, Motivasi-Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 03 Sep 2012 07:17
Last Modified: 03 Sep 2012 07:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19707

Actions (login required)

View Item View Item