Keterangan Modalitas Dan Keterangan Tujuan Dalam Rubrik Akademia Di Surat Kabar Joglosemar Edisi 17-20 Oktober 2011: Kajian Sintaksis

Rosana, Dewi (2012) Keterangan Modalitas Dan Keterangan Tujuan Dalam Rubrik Akademia Di Surat Kabar Joglosemar Edisi 17-20 Oktober 2011: Kajian Sintaksis. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (713kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (895kB)

Abstract

Secara garis besar sarana komunikasi verbal dibedakan menjadi dua macam, yaitu sarana komunikasi yang berupa bahasa lisan dan bahasa tulis. Penulis mencoba menganalisis tentang bahasa tulis, lebih tepatnya bahasa jurnalis. Pengkajian dalam penelitian ini berupa ragam kalimat yang ada dalam wacana rubrik Akademia di surat kabar Joglosemar, khususnya keterangan modalitas dan keterangan tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi wujud keterangan modalitas dan keterangan tujuan serta menganalisis unsur segmental pada kalimat yang mengandung keterangan modalitas dan keterangan tujuan pada rubrik Akademia di surat kabar Joglosemar edisi 17-20 Oktober 2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data dianalisis dengan metode agih yaitu, teknik Baca Markah (BM) dan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL). Hasil penelitian menyatakan adanya wujud keterangan modalitas dan keterangan tujuan dalam rubrik Akademia di surat kabar Joglosemar edisi 17-20 Oktober 2011. Perincian untuk wujud keterangan modalitas adalah: a) Kondisional (syarat) yang ditandai dengan kata jika, jikalau, bila, apabila, kalau, kalaupun, asalkan; b) Kepastian yang ditandai dengan kata pasti, pastinya; c) Kemungkinan (potensial) yang ditandai dengan kata mungkin, kemungkinan, memungkinkan; d) Keragu-raguan (dubutatif) yang ditandai dengan kata kiranya; e) Optatif (harapan) yang ditandai dengan kata diharapkan, berharap, harapan, semoga; dan f) Desideratif (keinginan) yang ditandai dengan kata berkeinginan, mau,ingin. Perincian untuk wujud keterangan tujuan yaitu: a) Ditandai pemarkah agar, b) Ditandai pemarkah supaya, c) Ditandai pemarkah untuk, dan d) Ditandai pemarkah bertujuan. Di samping itu analisis data berdasarkan unsur segmental terbagi menjadi unsur inti dan unsur bukan inti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterangan modalitas, keterangan tujuan, unsur segmental
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Aug 2012 06:14
Last Modified: 03 Aug 2012 06:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19427

Actions (login required)

View Item View Item