Pendidikan Karakter pada Siswa SD melalui Ekstrakurikuler Tari Reog Ponorogo (Studi Kasus Kegiatan Ekstra Tari di SDN Duwet Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012)

Hastuti, Lina Dwi (2012) Pendidikan Karakter pada Siswa SD melalui Ekstrakurikuler Tari Reog Ponorogo (Studi Kasus Kegiatan Ekstra Tari di SDN Duwet Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (933kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dimaksud untuk mengetahui adanya pendidikan karakter yang terkandung didalam seni tari Reog Ponorogo. Penulisan skripsi ini mengambil subjek penelitian adalah anggota seni tari Reog Ponorogo di SDN Duwet Pracimantoro Wonogiri tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa. 1. Observasi, adalah pengamatan secara sistematik terhadap unsur-unsur yang tampak dalam suatu gejala atau gejala-gejala pada obyek penelitian. 2. Interview (wawancara), alat yang dipergunakan dalam kominikasi tersebut yang berbentuk sejumlah pertanyaan lisan yang diajukan oleh pengumpul data sebagai pencari informasi (interviewer atau information) yang dijawab secara lisan pula oleh responden (interviewer). 3. Dokumentasi, mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, legger, agenda dan sebagainya. Analisis data dilakukan secara bersamaan pada saat penelitian dengan tahap-tahap penelitian sebagai berikut: tahap pengumpulan data, tahap reduksi, tahap penyajian data, tahap penarikan simpulan/ verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian pendidikan karakter yang terkandung didalam seni tari Reog Ponorogo di SDN Duwet Pracimantoro Wonogiri tahun pelajaran 2011/2012, bahwa ciri-ciri nilai seni dalam tari Reog Ponorogo adalah kekuatan diri, perjuangan dan kepemimpinan, kerja sama, kesetiaan dan kejujuran. Sedangkan ciri-ciri nilai pendidikan karakter dalam tari Reog Ponorogo adalah percaya diri, kerjasama antar siswa, disiplin, dan bertanggungjawab. Dan ciri-ciri implementasi pendidikan karakter dalam tari Reog melalui ekstrakurikuler tari Reog Ponorogo pada siswa SDN Duwet Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah dengan dilaksanakan setiap hari Jum’at setelah jam belajar sekolah yaitu mulai pukul 14.00 – 16.00 WIB. Agenda kegiatan yaitu pengenalan, pendalaman materi, dan pelaksanaan pembelajaran seni pertunjukan tari Reog Ponorogo. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan ciri-ciri nilai-nilai seni dalam tari Reog Ponorogo, untuk menggambarkan ciri-ciri nilai pendidikan karakter dalam tari Reog Ponorogo, dan untuk mendeskripsikan ciri-ciri implementasi pendidikan karakter dalam tari Reog melalui ekstrakurikuler tari Reog Ponorogo pada siswa SDN Duwet Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, ekstrakurikuler, dan tari Reog Ponorogo.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 02 Aug 2012 05:19
Last Modified: 02 Aug 2012 05:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19407

Actions (login required)

View Item View Item