Ratnawati, Anita (2012) Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau Dari Kreativitas Dan Keaktifan Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Cawas Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (755kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
||
PDF (Bab VI)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Publikasi)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (496kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cawas; 2) Untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cawas; 3) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan keaktifan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cawas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N 2 Cawas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cawas. Sampel diambil sebanyak 89 siswa, data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 24,536+ 0,637X1 + 0,648X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh kreativitas belajar dan keaktifan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Kreativitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cawas, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,401 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,018, dengan sumbangan efektif 11,5%; 2) Keaktifan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cawas, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,703 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,008, dengan sumbangan efektif 13,6%; 3) Kreativitas belajar dan keaktifan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cawas, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 14,430 > 3,103 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,251 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kreativitas belajar dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cawas, adalah sebesar 25,1% sedangkan sisanya sebesar 74,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Belajar, Keaktifan Belajar dan Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 27 Jul 2012 06:10 |
Last Modified: | 27 Jul 2012 06:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19335 |
Actions (login required)
View Item |