Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Delanggu Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012

Mardiyono, Fuad (2012) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Rotating Trio Exchange Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Delanggu Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (870kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah metode pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 1 Delanggu Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V dengan menggunakan metode pembelajaran Rotating Trio Exchange. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Delanggu yang berjumlah 32 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang materi sumber daya alam. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa kondisi awal 36,45% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 54,16% dan siklus II sebesar 86,66%. Hasil belajar pada kondisi awal 56,25% mengalami peningkatan pada siklus I 68,75 dan 100% pada siklus II. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Delanggu tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dan Hasil Belajar IPA, Rotating Trio Exchange.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2012 11:40
Last Modified: 26 Jul 2012 11:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19331

Actions (login required)

View Item View Item