Irawati, Ulfa (2012) Perbandingan Strategi Pembelajaran Concept Mapping Dan Guided Note Taking Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas VII Semester Ii MTsN Kalijambe Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (451kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (453kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (260kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan strategi pembelajaran Concept Mapping (Peta Konsep) dan Guided Note Taking (Catatan Terbimbing) terhadap hasil belajar Biologi pada materi pencemaran lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Kalijambe. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 93 siswa, yang terdiri dari 62 siswa sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi satu jalan (One Way Anava) dan diperoleh nilai probabilitas, yang sebelumnya menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil analisis data One Way Anava diperoleh nilai probabilitas, hasil belajar Biologi aspek kognitif sama yaitu 0,000 sehingga menunjukkan ke 3 rata-rata populasi adalah sama untuk hasil belajar Biologi. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Pos Hok Test, diperoleh nilai probabilitas 0,001 yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar Biologi dengan pembelajaran menggunakan strategi Concept Mapping dan Guided Note Taking. Dengan melihat rata-rata kelas eksperimen 1 dengan menggunakan strategi Concept Mapping yaitu 83,87, dengan hasil ketuntasan mencapai 99,98%, sedangkan nilai rata-rata eksperimen 2 dengan menggunakan strategi Guided Note Taking yaitu 74,68, dengan hasil ketuntasan mencapai 74,19%. Berdasarkan nilai probabilitas, rerata, dan ketuntasan maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Biologi siswa (aspek kognitif) yang dikenai strategi Concept Mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang dikenai strategi Guided Note Taking.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Concept Mapping, Strategi Guided Note Taking, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2012 07:23 |
Last Modified: | 26 Jul 2012 07:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19324 |
Actions (login required)
View Item |