Penerapan Pembelajaran Giving Questions and Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada Materi Fotosintesis Siswa Kelas VIII E Semester II SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012

Mahmudah, Mahmudah (2012) Penerapan Pembelajaran Giving Questions and Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada Materi Fotosintesis Siswa Kelas VIII E Semester II SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (627kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (167kB)

Abstract

Proses pembelajaran biologi di SMP Negeri 3 Colomadu selama ini masih didominasi oleh guru dan kurang melibatkan keaktifan siswa, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Hal ini dapat diatasi dengan menerapkan pembelajaran yang tepat, salah satunya yaitu pembelajaran Giving Questions and Getting Answer yang menuntut siswa untuk aktif bertanya dan menjawab pertanyaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi pada materi fotosintesis melalui pembelajaran Giving Questions and Getting Answer siswa kelas VIII E semester II SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2011/2012. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, aspek kognitif produk = 77,87; aspek kognitif proses = 18,84; aspek afektif = 19,94; dan aspek psikomotorik = 8,09, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, aspek kognitif produk = 91,59; aspek kognitif proses = 21,93; aspek afektif = 21,69; dan aspek psikomotorik = 8,72, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar biologi pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan pembelajaran Giving Questions and Getting Answer siswa kelas VIII E semester II SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2011/2012 pada materi fotosintesis

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran giving questions and getting answer
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 25 Jul 2012 07:26
Last Modified: 25 Jul 2012 07:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19304

Actions (login required)

View Item View Item