Fitriyastutik, Heni (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Time Token Pada Mata Pelajaran Matematika Pada Kelas IV SD Negeri 02 Pule Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (196kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (778kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (209kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok melalui strategi time token. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N 02 Pule yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika siswa pada pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar Matematika khususnya pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok setelah diterapkan strategi time tokem dari 38,09 % pada pra siklus; 47, 6 % pada siklus I pertemuan 1; 52,28 % pada siklus I pertemuan 2; 71,42 % pada siklus II; dan 85,71% pada siklus III . Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi time token dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar Matematika, strategi time token. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 19 Jul 2012 08:33 |
Last Modified: | 19 Jul 2012 08:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19237 |
Actions (login required)
View Item |