Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Time Token Pada Mata Pelajaran Matematika Pada Kelas IV SD Negeri 02 Pule Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012

Fitriyastutik, Heni (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Time Token Pada Mata Pelajaran Matematika Pada Kelas IV SD Negeri 02 Pule Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (196kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok melalui strategi time token. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N 02 Pule yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Matematika siswa pada pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar Matematika khususnya pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok setelah diterapkan strategi time tokem dari 38,09 % pada pra siklus; 47, 6 % pada siklus I pertemuan 1; 52,28 % pada siklus I pertemuan 2; 71,42 % pada siklus II; dan 85,71% pada siklus III . Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi time token dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar Matematika, strategi time token.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Jul 2012 08:33
Last Modified: 19 Jul 2012 08:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19237

Actions (login required)

View Item View Item