Retno Sulistyowati, Retno Sulistyowati (2012) Pengaruh Kemampuan Memori dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Biologi siswa kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf Download (600kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (317kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh kemampuan memori terhadap prestasi belajar biologi; 2) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar biologi; 3) pengaruh kemampuan memori dan minat belajar terhadap prestasi belajar biologi Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 198 siswa. Sampel diambil sebanyak 127 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data yang digunakan adalah: uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov, uji linearitas dan uji independensi. Hasil analisis regresi ganda memperoleh persamaan garis regresi: Y = 4,542+ 1,576X1 + 0,533X2. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan memori terhadap prestasi belajar biologi pada siswa kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 6,674 > 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 23,5%; 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar biologi pada siswa kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 6,045> 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 19,7%; 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan memori dan minat belajar terhadap prestasi belajar biologi pada siswa kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 47,180 > 3,069 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,432 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara kemampuan memori dan minat belajar terhadap prestasi belajar biologi siswa adalah sebesar 43,2% sedangkan 56,8%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Memori, Minat Belajar, dan Prestasi Belajar Biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 17 Jul 2012 07:03 |
Last Modified: | 17 Jul 2012 07:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19199 |
Actions (login required)
View Item |