Analisis Wacana Persuasi Pada Artikel Islami Di Majalah Hadila Edisi Agustus s.d. Desember 2011

Utari, Yunia Puji (2012) Analisis Wacana Persuasi Pada Artikel Islami Di Majalah Hadila Edisi Agustus s.d. Desember 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik bahasa yang digunakan dalam wacana persuasi pada artikel Islami di majalah Hadila edisi Agustus s.d. Desember 2011 dan mengidentifikasi dampak isi pesan yang terkandung dalam wacana persuasi pada artikel Islami di majalah Hadila edisi Agustus s.d. Desember 2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik catat dan kuesioner. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan metode agih dan metode padan. Berdasarkan hasil analisis, karakteristik bahasa yang digunakan dalam wacana persuasi pada artikel Islami di majalah Hadila dalam penelitian ini dibedakan menjadi (1) wujud klausa yang isinya bersifat nasihat; (2) wujud klausa yang isinya bersifat anjuran; (3) wujud klausa yang isinya bersifat saran; (4) wujud kata yang isinya bersifat menegaskan; (5) wujud klausa yang isinya bersifat perintah; (6) wujud kata yang isinya bersifat ajakan; (7) wujud kata yang isinya bersifat larangan; (8) pemakaian istilah bahasa asing (bahasa Inggris dan bahasa Arab), (9) pemakaian istilah bahasa daerah (bahasa Jawa), dan (10) penggunaan kata-kata bijak. Dampak isi pesan yang terkandung dalam artikel Islami di majalah Hadila hampir sama yaitu responden mengalami perubahan perilaku menjadi lebih baik, semakin meningkatkan nilai ketakwaan, menambah pengetahuan tentang keislaman, lebih menghargai waktu untuk beribadah, lebih peduli sesama, dan menjadi sosok yang lebih baik dalam segala aspek. Yang menjadi daya penguat majalah Hadila sebagai media yang bersifat persuasif adalah adanya karakteristik yang khas yaitu artikel dalam majalah Hadila bahasanya ringan, komunikatif sehingga mudah dipahami pembaca dan menggunakan bahasa asing serta bahasa daerah. Kata-kata yang terdapat dalam artikel di majalah Hadila menggunakan beragam bahasa. Bahasa tersebut meliputi bahasa Inggris, bahasa Arab dan bahasa Daerah atau bahasa Jawa. Pemakaian bahasa asing dimaksudkan agar tuturan yang ingin disampaikan penulis terasa lebih komunikatif, santai serta menyegarkan suasana. Selain itu, artikel di majalah Hadila menggunakan kata-kata bijak dan wujud bahasanya bersifat nasihat, saran, anjuran, perintah, menegaskan, ajakan, dan larangan sehingga dapat menarik dan mempengaruhi pembaca.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: wacana persuasi, artikel, karakteristik bahasa, isi pesan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 13 Jul 2012 06:43
Last Modified: 13 Jul 2012 08:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19174

Actions (login required)

View Item View Item