Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII F SMP Negeri 3 Colomadu pada Materi Ekosistem Menggunakan Metode PBL (Problem Based Learning) dengan Media Pohon Pintar Tahun Ajaran 2011/2012”

Widiastuti, Ika Herni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII F SMP Negeri 3 Colomadu pada Materi Ekosistem Menggunakan Metode PBL (Problem Based Learning) dengan Media Pohon Pintar Tahun Ajaran 2011/2012”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif maupun aspek afektif pada materi ekosistem dengan menerapkan metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan media pohon pintar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi ada 2 siklus. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklus. Jumlah siswa yang KKM (> 70) sebelum tindakan (28,13%) pada siklus I meningkat menjadi (59,40%) dan pada sikus II meningkat menjadi (81,25%). Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 5,88 meningkat menjadi 6,96 pada siklus I dan meningkat menjadi 13,59 pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif siklus I 12,37 (kriteria cukup berminat) meningkat menjadi 15,34 (kriteria berminat) pada siklus II. Kesimpulan menunjukkan bahwa metode PBL dengan media pohon pintar dapat meningkatkan hasil belajar dari aspek kognitif dan aspek afektif pada siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar kognitif dan afektif, PBL (Problem Based Learning),media pohon pintar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 10 Jul 2012 04:36
Last Modified: 10 Jul 2012 08:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19153

Actions (login required)

View Item View Item