Efektivitas Pembelajaran Biologi Melalui Strategi Pembelajaran Guided Inquiry Dengan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012

Sundari, Desica Windianing Tira (2012) Efektivitas Pembelajaran Biologi Melalui Strategi Pembelajaran Guided Inquiry Dengan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN_.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (101kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan strategi Guided Inquiry dengan Index Card Match terhadap hasil belajar Biologi pada materi gerak tumbuhan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura Tahun ajaran 2011/2012. Hasil belajar siswa pada penelitian ini ditekankan pada perbedaan hasil belajar kognitif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri I Kartasura, Sukoharjo. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen pendidikan. Populasi ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri I Kartasura, Sukoharjo. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas, kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen I (pembelajaran menggunakan strategi Guided Inquiry) dan kelas VIIIC sebagai eksperimen II (pembelajaran menggunakan strategi Index Card Match). Teknik penentuan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dengan observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan uji nonparametrik dengan tipe 2- Independent Sample Test (Mann-Whitney U), tetapi sebelumnya dilakukan uji Normalitas dan uji Homogenitas. Hasil analisis data menggunakan 2-Independent Sample Test (Mann-Whitney U) diperoleh nilai signifikansi = 0,086 dan nilai probabilitas = 0,05, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar biologi dengan menggunakan strategi pembelajaran Guided Inquiry dan Index Card Match tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada materi gerak tumbuhan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Guided Inquiry, strategi Index Card Match, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 07 Jul 2012 06:44
Last Modified: 07 Jul 2012 08:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19147

Actions (login required)

View Item View Item