Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi I Gagak Sipat Tahun Pelajaran 2011/2012

Syamsiyati,, Rosida Nur (2012) Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi I Gagak Sipat Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (224kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)

Abstract

Secara umum penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan media audio visual. Adapun secara khusus penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B TK Pertiwi I Gagaksipat Ngemplak Boyolali dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B2 di TK Pertiwi I Gagaksipat Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data variabel dikumpulkan melalui observasi terstruktur. Data dianalisis dengan teknik komparasi menggunakan tabulasi dan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B2 TK Pertiwi I sebelum pelaksanaan penelitian tindakan kelas yaitu anak dapat menjawab pertanyaan kosakata bahasa Inggris sebesar 37,5%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan media audio visual pada proses pembelajaran, penguasaan kosakata bahasa Inggris anak menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I mencapai 62,5% dan siklus II mencapai 83,75%. Dalam penelitian ini digunakan metode pendukung lainnya, yaitu penugasan dan bermain supaya penggunaan media audio visual lebih efektif dan efisien. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian hasil yang ditetapkan. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B2 TK Pertiwi I Gagaksipat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media audio visual, penguasaan kosakata bahasa Inggris.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jun 2012 06:43
Last Modified: 27 Jun 2012 12:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19094

Actions (login required)

View Item View Item