Parwanto, Parwanto (2012) Akreditasi Sekolah Dan Mutu Pendidikan Studi Situs di SD Negeri Bulakrejo 02 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo. Thesis thesis, Universitas Muhammmadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (222kB) |
|
|
PDF (Bab.I)
3._BAB-1.pdf Download (123kB) |
|
PDF (Bab.II)
4._BAB-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab.III)
5._BAB-3.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab.IV)
6._BAB-4.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
PDF (Bab.V)
7._BAB-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab.VI)
8._BAB-6.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan tentang: 1) Proses pelaksanaan akreditasi sekolah yang dilaksanakan di SD Negeri Bulakrejo 02, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. 2) Mengetahui upaya – upaya sekolah dalam pelaksanaan akreditasi untuk peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri Bulakrejo 02, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. 3) Mengetahui penerapan hasil akreditasi sekolah terhadap output di SD Negeri Bulakrejo 02, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dalam penelitian ini data yang di kumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka. Sumber data utama dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya merupakan data tambahan seperti dokumen dan lainnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara, observasi, dan pencatatan isi dokumen. Instrument penelitian berupa questioner yang berisi tentang upaya – upaya penggalian informasi terkait proses pelaksanaan akreditasi yang meliputi; persiapan, pelaksanaan, dan penetapan hasil akreditasi. Keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menyimpulkan: 1). Proses pelaksanaan akreditasi sekolah di SD Negeri Bulakrejo 02 dilaksanakan sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh BASNAS yaitu melaksanakan evaluasi diri, pengajuan akreditasi, penentuan kelayakan visitasi, pelaksanaan akreditasi, penetapan hasil akreditasi dan penerbitan hasil akreditasi. 2) Mutu pendidikan pasca akreditasi menunjukkan adanya indikasi perubahan positif. Hal ini ditunjukkan adanya perubahan dan peningkatan pada: mutu input,proses, output, mutu guru, sarana prasarana, dan mutu biaya. Mutu output di SD Negeri Bulakrejo 02 dipengaruhi adanya peningkatan penyelenggaraan layanan pendidikan yang bermutu baik guru, proses belajar mengajar, maupun manajemen sekolahnya. mutu output untamanya angka kelulusan sekolah dalam lima tahun terakhir ini stabil 100%, juga dapat dilihat dari data prosentasi rata – rata nilai UAS.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akreditasi Sekolah, Mutu Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 12 Jun 2012 15:29 |
Last Modified: | 13 Jun 2012 11:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19063 |
Actions (login required)
View Item |