Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Studi Etnografi di SMK Bhina Karya Karanganyar)

SLAMET , ACHMADI (2012) Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Studi Etnografi di SMK Bhina Karya Karanganyar). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER_TESIS.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB-1.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB-6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_FOTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengelolaan pembelajaran penjasorkes di SMK Bhina Karya Karanganyar, dan (2) materi pembelajaran penjasorkes di SMK Bhina Karya Karanganyar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yang mana dalam penelitian ini data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan dan bukan angka. Sumber data utama dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, yang selebihnya itu merupakan data tambahan seperti dokumen dan lainnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara, observasi, dan pencatatan isi dokumen. Instrumen penelitian berupa pertanyaan yang berisi tentang upaya-upaya penggalian informasi terkait proses pelaksanaan pengelolaan pembelajaran penjasorkes. Keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Perencanaan guru meliputi: pembuatan program tahunan, program semester, pengembangan silabus dan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pengorganisasian pelaksanaan pembelajaran, meliputi: materi pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, pemanfaatan sarana prasarana pembelajaran. Evaluasi pembelajaran, meliputi: penilaian psikomotor, penilaian kognitif, penilaian afektif yang dilakukan oleh guru untuk mengetahui kemampuan peserta didik setelah mengikuti proses belajar mengajar. 2) Materi pembelajaran penjasorkes berdasarkan KTSP di SMK Bhina Karya Karanganyar mengacu pada standar isi dan standar kelulusan yang disesuaikan dengan situasi dan keadaan sekolah, meliputi ; permainan, atleteik, kebugaran jasmani, olahraga air dan materi kesehatan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Pembelajaran, Penjasorkes dan KTSP.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2012 11:18
Last Modified: 04 Jun 2012 11:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19015

Actions (login required)

View Item View Item