SAMSINO , SAMSINO (2012) Pengelolaan Audio Visual Dalam Pembelajaran Ips Studi Situs Di Smpn 1 Banyudono Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Hal_Depan.pdf Download (69kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB__V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB___VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lamp-Lamp.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
Artikel_Publikasi.pdf Download (100kB) |
Abstract
Pengelolaan audio visual merupakan upaya untuk mengatur pemakaian perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) untuk tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Unsur pengelolaan meliputi siswa, guru, manajemen sekolah, kurikulum, dan proses pembelajaran. Secara umum tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakteristik pengelolaan audio visual dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Banyudono. Tujuan khusus penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan karakteristik penataan hard ware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) dalam pembelajaran IPS, 2) mendeskripsikan karakteristik interaksi pembelajaran IPS dengan media audio visual, dan 3) mendeskripsikan karakteristik aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan media audio visual. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dangan desain penelitian etnografi yang mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Banyudono Boyolali. Sumber data penelitian ini diperoleh dari informan, peristiwa, dan dokumen. Informan penelitian ini 1) wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, 2) guru-guru IPS, 3) siswa. Peristiwa dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran IPS terpadu dengan penggunaan media audio visual. Dokumen penelitian yang dimaksudkan adalah dokumen yang berkaitan dengan catatan-catatan, perangkat pembelajaran, dan dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengelolaan audio visual dalam pembelajaran IPS. Data-data yang terkumpul dianallisis dengan analisis model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.Hasil penelitian dapat dikemukakan berikut ini 1) penataan headware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) dalam pembelajaran IPS dapat terlaksana dengan baik apabila didukung oleh tiga sumber daya yaitu sumber daya manusia, sumber daya keuangan dan sumber daya material, 2) interaksi dalam pembelajaran IPS dengan media audio visual dapat berlangsung dengan baik apabila guru dan siswa tahu perannya masing-masing, peran guru sebagai pendidik, peran siswa sebagai peserta didik, dan terjadi interaksi yang baik dalam pembelajaran. 3) aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dapat lebih optimal apabila materi pelajaran yang diberikan dapat merangsang minat belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audio visual, Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 04 Jun 2012 11:06 |
Last Modified: | 04 Jun 2012 11:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19013 |
Actions (login required)
View Item |