Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan Pengamatan melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament Siswa Kelas V SD Negeri Kembangkuning

Nayiri, Muh (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan Pengamatan melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament Siswa Kelas V SD Negeri Kembangkuning. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (341kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini lebih memfokuskan peningkatan kemampuan menulis laporan pengamatan siswa dan mengkaji model pembelajaran TGT terhadap siswa dalam meningkatkan kualitas tulisan laporannya. Selain itu, membantu guru menentukan model pembelajaran yang sesuai dalam setiap materi yang akan diajarkan khususnya pemecahan kesulitan menulis di kalangan siswa SD. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan empat komponen utama yaitu perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Penggunaan metode mengarah pada sistem pembelajaran aktif, belajar kelompok, permainan, dan penghargaan pada kreasi menulis. Hasil penelitian menunjukkan Pada pra siklus sampai siklus pertama kenaikan dari 56,27 menjadi 73,6 kemudian pada siklus kedua rata-rata nilai kelas menjadi 85,4. Pada siklus pertama siswa dominan melakukan kesalahan penulisan ejaan, huruf kapital, dan kata depan. Siklus kedua, hanya ditemukan satu kelompok menggunakan kata tidak baku. Kualiatas setelah diadakan penelitian ini terlihat dalam penulisan tanda baca, huruf kapital, preposisi dan sistematika laporan pengamatan. siklus kedua siswa sudah dapat merinci lokasi pengamatan di ruang-ruang sekitar sekolah. Kualitas tulisan terlihat pada penurunan jumlah kesalahan yang dilakukan siswa pada pemakaian ejaan dan kalimat efektif

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: menulis, laporan pengamatan, dan TGT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 04 Jun 2012 07:22
Last Modified: 24 Jan 2019 00:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18995

Actions (login required)

View Item View Item