Pengelolaan Sekolah Regrouping SD Negeri Grabag 1, 2, dan 4 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang

Sumedi, Sumedi (2012) Pengelolaan Sekolah Regrouping SD Negeri Grabag 1, 2, dan 4 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab VI)
7._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (84kB)

Abstract

Dalam penelitian ini memiliki tujuan yang ingin dicapai : (1) untuk mendiskripsikan karakteristik pelaksanaan pembelajaran program regrouping di SD Negeri Grabag 1, 2, dan 4 Magelang, (2) untuk mendiskripsikan karakteristik sarana prasarana sekolah program regrouping SD Negeri Grabag 1, 2, dan 4 Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Grabag 1, 2, dan 4 Magelang. Nara sumber dalam penelitian adalah kepala sekolah, petugas sarana dan prasarana, dan guru. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SD Negeri Grabag 1, 2, dan 4 Magelang menjadi sekolah regrouping karena sekolah berada dalam satu lokasi atau satu kampus yang sama. Aktivitas belajar siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas paralel. Dalam pembelajaran, guru berada dalam satu manjemen tenaga pendidik. Guru menyusun RPP secara konseptual sesuai pemikiran yang berorientasi kekhasan kelas, materi dan kondisi peserta didik. Pembelajaran program regrouping adalah melaksanakan pembelajaran yang menekankan pada proses dengan menggunakan strategi yang memungkinkan hasil yang optimal, mengupayakan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran, pembiasaan pada setiap kesempatan, dan pemberian bimbingan. Guru memiliki perbedaaan kemampuan dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Masing-masing guru menggunakan strategi yang berbeda, tetapi guru selalu berbagi pendapat, informasi mengenai pengalamannya ; (2) Pengelolaan sekolah regrouping SD Negeri Grabag 1, 2 dan 4 dilakukan secara bersama-sama yang dikoordinasikan pada semua stakeholdernya di bawah satu pengelola SD Negeri Grabag 1. Sekolah regrouping memiliki sarana dan prasarana yang banyak, karena penggabungan sarana dan prasarana dari ketiga sekolah. Yang menjadi pengelola sarana dan prasarana SD Negeri Grabag 1, 2 dan 4 Kecamatan Grabag adalah guru yang ditugaskan oleh kepala sekolah, dibantu oleh guru dan tenaga kependidikan lainnya. Program pengelolaan sarana prasarana sekolah regrouping terdiri dari kegiatan pengadaan, pencatatan dalam inventaris, penggunaan dan perawatan sarana prasarana. Ada beberapa sarana yang digunakan sendiri seperti ruang kelas, tetapi juga ada beberapa sarana yang digunakan secara bersama-sama seperti perpustakaan dan alat peraga.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: regrouping, pembelajaran, sarana dan prasarana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 May 2012 06:03
Last Modified: 30 May 2012 14:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18934

Actions (login required)

View Item View Item