Sumedi, Sumedi (2012) Pengelolaan Sekolah Regrouping SD Negeri Grabag 1, 2, dan 4 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (59kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (Bab VI)
7._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (84kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini memiliki tujuan yang ingin dicapai : (1) untuk mendiskripsikan karakteristik pelaksanaan pembelajaran program regrouping di SD Negeri Grabag 1, 2, dan 4 Magelang, (2) untuk mendiskripsikan karakteristik sarana prasarana sekolah program regrouping SD Negeri Grabag 1, 2, dan 4 Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Grabag 1, 2, dan 4 Magelang. Nara sumber dalam penelitian adalah kepala sekolah, petugas sarana dan prasarana, dan guru. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) SD Negeri Grabag 1, 2, dan 4 Magelang menjadi sekolah regrouping karena sekolah berada dalam satu lokasi atau satu kampus yang sama. Aktivitas belajar siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas paralel. Dalam pembelajaran, guru berada dalam satu manjemen tenaga pendidik. Guru menyusun RPP secara konseptual sesuai pemikiran yang berorientasi kekhasan kelas, materi dan kondisi peserta didik. Pembelajaran program regrouping adalah melaksanakan pembelajaran yang menekankan pada proses dengan menggunakan strategi yang memungkinkan hasil yang optimal, mengupayakan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran, pembiasaan pada setiap kesempatan, dan pemberian bimbingan. Guru memiliki perbedaaan kemampuan dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Masing-masing guru menggunakan strategi yang berbeda, tetapi guru selalu berbagi pendapat, informasi mengenai pengalamannya ; (2) Pengelolaan sekolah regrouping SD Negeri Grabag 1, 2 dan 4 dilakukan secara bersama-sama yang dikoordinasikan pada semua stakeholdernya di bawah satu pengelola SD Negeri Grabag 1. Sekolah regrouping memiliki sarana dan prasarana yang banyak, karena penggabungan sarana dan prasarana dari ketiga sekolah. Yang menjadi pengelola sarana dan prasarana SD Negeri Grabag 1, 2 dan 4 Kecamatan Grabag adalah guru yang ditugaskan oleh kepala sekolah, dibantu oleh guru dan tenaga kependidikan lainnya. Program pengelolaan sarana prasarana sekolah regrouping terdiri dari kegiatan pengadaan, pencatatan dalam inventaris, penggunaan dan perawatan sarana prasarana. Ada beberapa sarana yang digunakan sendiri seperti ruang kelas, tetapi juga ada beberapa sarana yang digunakan secara bersama-sama seperti perpustakaan dan alat peraga.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | regrouping, pembelajaran, sarana dan prasarana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 May 2012 06:03 |
Last Modified: | 30 May 2012 14:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18934 |
Actions (login required)
View Item |