Pengelolaan Sekolah Dasar Berbasis Mutu (Studi Situs di SD Negeri 4 Mojoagung, Karangrayung, Grobogan)

Purwantini, Purwantini (2012) Pengelolaan Sekolah Dasar Berbasis Mutu (Studi Situs di SD Negeri 4 Mojoagung, Karangrayung, Grobogan). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (123kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab VI)
8._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik perencanaan program Sekolah berbasis mutu di SD Negeri 4 Mojoagung Karangrayung Kabupaten Grobogan, (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik pelaksanaan program Sekolah berbasis mutu di SD Negeri 4 Mojoagung Karangrayung Kabupaten Grobogan, (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik evaluasi program Sekolah berbasis mutu di SD Negeri 4 Mojoagung Karangrayung Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian etnografi. Informan adalah kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan auditor/pengawas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara mendalam, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis dalam penelitian kualitatif terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan dengan verifikasinya. Hasil penelitian ini (1) Perencanaan program sekolah berbasis mutu merupakan kegiatan merumuskan program sekolah, dengan langkah-langkah identifikasi tantangan, tahap analisis tantangan, tahap penyusunan program, dan tahap penyusunan biaya dan pendanaan. Penyusunan perencanaan sekolah berbasis mutu merupakan suatu hal yang sangat penting, karena perencanaan sekolah yang berupa RKS dapat digunakan sebagai: 1) Pedoman kerja (kerangka acuan) dalam mengembangkan sekolah; 2) Dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah; serta 3) Bahan acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan sumberdaya pendidikan yang diperlukan untuk pengembangan sekolah. (2) Pelaksanan program sekolah berbasis mutu di SD Negeri 4 Mojoagung Karangrayung Kabupaten Grobogan, dibagi dalam bidang kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, keuangan dan pendanaan, budaya dan lingkungan sekolah, dan peran serta masyarakat dan kemitraan. (3) Evaluasi program Sekolah berbasis mutu merupakan tanggung jawab kepala sekolah dan dilakukan oleh Tim yang terdiri dari Kepala Sekolah, guru, Komite Sekolah, orang tua peserta didik, tokoh masyarakat, dan pengawas, bertujuan untuk mengetahui kinerja sekolah berdasarkan indikator-indikator yang dirumuskan dalam instrumen yang telah ditetapkan. Hasil evaluasi sekolah digunakan sebagai bahan untuk menetapkan aspek yang menjadi prioritas dalam rencana peningkatan dan pengembangan sekolah pada RPS/RKS dan RAPBS/RKAS

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 May 2012 09:08
Last Modified: 29 May 2012 09:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18908

Actions (login required)

View Item View Item