Pengelolaan Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SD Negeri 1 Penawangan Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan

Lestari, Pudji (2012) Pengelolaan Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SD Negeri 1 Penawangan Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (140kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan karakteristik kegiatan sekolah dalam mengimplementasikan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD Negeri 1 Penawangan; (2) Mendeskripsikan karakteristik aktivitas guru dalam proses pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD Negeri 1 Penawangan; dan (3) Mendeskripsikan karakteristik kegiatan sekolah dalam evaluasi pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD Negeri 1 Penawangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri 1 Penawangan, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan. Data Penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Sumber data berupa nara sumber dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Kesimpulan dari hasil Penelitian ini adalah (1) Karakteristik kegiatan sekolah dalam mengimplementasikan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD Negeri 1 Penawangan diawali dengan menumbuhkan motivasi dan ketertarikan siswa, menyiapkan pengadaan sarana dan prasarana melalui kerja sama warga sekolah dengan pemangku kepentingan, membangun komitmen bersama antara sekolah, komite dan wali murid untuk mengatasi hambatan, memprogramkan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi ke dalam KTSP melalui kegiatan pengembangan diri dan menyiapkan perangkat perencanaan pembelajaran yang matang didukung oleh kompetensi guru yang memadai; (2) Karakteristik aktivitas guru dalam proses pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD Negeri 1 Penawangan melaksanakan kegiatan sesuai program, waktu dan jadwal yang dilaksanakan pada jam pengembangan diri, melalui tahap kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir dan mengimplementasikan pembelajaran Teknologi Informasi Komunikasi ke dalam pembelajaran pokok sebagai media pembelajaran; dan (3) Karakteristik kegiatan sekolah dalam evaluasi pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD Negeri 1 Penawangan terdiri dari dua jenis evaluasi umum dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: management,information and communication technology learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 May 2012 10:25
Last Modified: 28 May 2012 12:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18880

Actions (login required)

View Item View Item