Pengelolaan Sekolah SD SMP Satu Atap Wonolelo 3 Magelang

Munhayati, Lestari (2012) Pengelolaan Sekolah SD SMP Satu Atap Wonolelo 3 Magelang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (268kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_Foto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) karakteristik kegiatan akademik program sekolah SD SMP Satu Atap di SD SMP Satu Atap Wonolelo 3 Magelang. (2) karakteristik kegiatan non akademik program sekolah SD SMP Satu Atap di SD SMP Satu Atap Wonolelo 3 Magelang. (3) karakteristik evaluasi program sekolah SD SMP Satu Atap di SD SMP Satu Atap Wonolelo 3 Magelang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD SMP Satu Atap Wonolelo 3 Magelang. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kegiatan akademik program sekolah SD SMP Satu Atap di SD SMP Satu Atap Wonolelo 3 Magelang berjalan seperti halnya dengan sekolah lainnya. Siswa diberikan berbagai fasilitas dalam proses pembelajaran seperti dididik oleh tenaga pendidik yang memiliki kompetensi adminitrasi dan mental yang baik serta mampu menyeleggarakan pembelajaran dengan konsep pendekatan PAKEM. Diakhir pembelajaran dilakukan evaluasi dan tindak lanjut melalui program pengayaan dan remedial. (2) Kegiatan non akademik program sekolah SD SMP Satu Atap di SD SMP Satu Atap Wonolelo 3 Magelang berjalan optimal. Jenis kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggrakan meliputi kegiatan pramuka, kegiatan keagamaan dan seni tari. Pihak sekolah telah menyusun program mingguan, bulanan, dan juga tahunan serta telah bekerja sama dengan Kwaran Kecamatan Sawangan, kaur keagamaan, dan sanggar tari. Berbagai prestasi juga pernah diraih siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti juara 2 seni tari tingkat kecamatan serta juara tiga murotal tingkat kecamatan. (3) Evaluasi program sekolah SD SMP Satu Atap dilakukan oleh pengawas dari Dinas Kabupaten Magelang. Persiapan yang dilakukan dalam evaluasi adalah pembentukan tim delapan dan persiapan bukti fisik dari delapan standar nasional. Pengawas memantau dan menilai kondisi riil 8 standar pendidikan SD SMP Satu Atap Wonolelo 3 Magelang. Hasil evaluasi menunjukkan masih perlu perbaikan dari penyelenggaraan pendidikan di SD SMP Satu Atap Wonolelo 3 Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang terutama penyediaan sarana dan prasarana.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: akademik, non akademik, monitoring, evaluasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 May 2012 05:14
Last Modified: 28 May 2012 16:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18848

Actions (login required)

View Item View Item