Priyanto, Agus (2011) Pengelolaan Pembelajaran Guru Kelas Berbasis Mutu (Studi Situs SD Negeri Kedungjenar Blora). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER_TESIS.pdf Download (67kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
Binder1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan penataan kelas berbasis mutu, aktivitas belajar siswa berbasis mutu dan hubungan interaksi pembelajaran guru dengan siswa berbasis mutu di SD Negeri Kedungjenar Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnografi pendidikan dan dilakukan di SD Negeri Kedungjenar Blora. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 1) wawancara mendalam dengan guru kelas sebagai informan utama dan asisten guru dan kepala sekolah selaku informan pendukung, 2) observasi dilakukan selama kegiatan pembelajaran maupun dalam aktivitas lainnya yang dapat mendukung pengumpulan data, 3) mengumpulkan dokumendokumen lainnya yang berkaitan dengan fokus dan subfokus penelitian. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik trianggulasi, yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian adalah 1) Pengelolaan penataan kelas pada susunan meja yang bervariasi, mempunyai fasilitas yang memadai, dilakukan perawatan secara aktif dan memungkinkan penyusunan meja kursi secara fleksibel 2) kegiatan pembelajaran dilakukan secara berkelompok, menggunakan media pembelajaran dan melibatkan siswa, 3) guru dapat berkomunikasi, memotivasi dan membimbing siswa. Saran dalam penelitian ini adalah 1) Guru agar mengelola kelas sehingga dapat menjadi nyaman dan menarik, 2) Peserta didik agar terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mempunyai motivasi yang besar, 3) Kepala sekolah agar mengembangkan fasilitas pendidikan yang tersedia, melengkapi fasilitas lainnya secara bekelanjutan dan memberikan bimbingan kepada guru, 4) Dinas Pendidikan agar mengevaluasi kegiatan pembelajaran dan memberikan saran dan dukungan untuk dapat mengembangkan mutu pendidikan menjadi lebih baik, 5) Peneliti lainnya agar mengembangkan hasil penelitian dengan melakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan pembelajaran, berbasis bermutu. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 25 May 2012 09:40 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 02:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18824 |
Actions (login required)
View Item |