Peningkatan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Didik Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 01 Gantiwarno Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012 (Penelitian Tindakan Kelas)

Chasanah, Siti Uswatun (2012) Peningkatan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Didik Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 01 Gantiwarno Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012 (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 01 Gantiwarno, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan mulai bulan Desember 2011 sampai bulan Maret 2012 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK pertiwi 01 Gantiwarno. Data yang dikumpukan berupa kemampuan berbahasa anak dan proses penerpan metode bermain peran dalam pembelajaran.Data dianalisis dengan metode komparatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak dengan menggunakan metode bermain peran mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus III. Kemampuan anak meningkat dari prasiklus 28% menjadi 59,9%pada siklus I, Siklus II 76,2%, dan pada siklus III manjadi 81,3%. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa metode bermain peran dapat menigkatkan kemampuan bahasa anak keompok B TK Pertiwi 01 Gantiwarno, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode bermain peran, kemampuan bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 16 May 2012 10:47
Last Modified: 21 Nov 2019 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18727

Actions (login required)

View Item View Item