Werdiningrum,, Riza Kusuma (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dan Keaktifan Siswa Dengan Menggunakan Metode Diskusi Tipe Buzz Group Pada Materi Pokok Zat Adiktif Dan Psikotropika Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (159kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi dan keaktifan siswa dengan menggunakan metode diskusi tipe BUZZ GROUP siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dengan observasi afektif dan keaktifan serta kognitif pada setiap siklusnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Kartasura yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan Metode Diskusi Tipe BUZZ GROUP dapat meningkatkan hasil belajar biologi dan keaktifan siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2011 / 2012. Hal ini terbukti rata - rata hasil belajar pada Siklus I adalah 66,09 dengan prosentase ketuntasan sebesar 53,12%, Siklus II rata - rata 86,09% dengan prosentase ketuntasan sebesar 96,87%. Sedangkan rata - rata keaktifan siswa pada siklus I dari 32 siswa sebanyak 15 siswa (46,88%) siswa yang berani bertanya, 4 siswa (12,50%) siswa yang aktif menjelaskan materi di depan kelas, 13 siswa (40,63%) siswa yang memberi tanggapan, 13 siswa (40,63%) siswa yang berani mengemukakan pendapat, dan 26 siswa (81,25%) siswa yang mengerjakan soal secara mandiri, sedangkan pada siklus II dari 32 siswa sebanyak 22 siswa (86,75%) siswa yang berani bertanya, 12 siswa (37,50%) siswa yang aktif menjelaskan materi di depan kelas, 23 siswa (71,88%) siswa yang memberi tanggapan, 23 siswa (71,88%) siswa yang berani mengemukakan pendapat, dan 29 siswa (90,63%) siswa yang mengerjakan soal secara mandiri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi tipe Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar biologi dan keaktifan siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Diskusi Tipe Buzz Group, hasil belajar dan keaktifan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 May 2012 10:21 |
Last Modified: | 01 May 2012 10:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18422 |
Actions (login required)
View Item |