Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Kesiapan Diri Dalam Menghadapi Ujian Akhir Nasional Pada Siswa Sekolah Dasar (Sd)

PRAPTIWI, YULI DWI (2012) Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Kesiapan Diri Dalam Menghadapi Ujian Akhir Nasional Pada Siswa Sekolah Dasar (Sd). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (205kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)

Abstract

Ujian akhir nasional adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara nasional pada siswa sekolah dasar dan menengah untuk menentukan kelayakan melanjutkan ketingkat yang lebih tinggi. Tidak heran bila rasa cemas dan khawatir kerap menyelimuti setiap siswa dan siswi kelas VI Sekolah dasar yang baru pertama kali menghadapi ujian, untuk itu diperlukan kesiapan diri yang tinggi. Siswa berusaha keras agar mereka dapat lulus UAN dengan melakukan berbagai persiapan baik secara fisik, psikis dan materiil dengan mengikuti les tambahan atau bimbingan belajar diluar sekolah untuk pemantapan materi pelajaran yang diujikan. Guna meningkatkan kesiapan pada siswa diperlukan dukungan dari orang tua dengan memberikan perhatian dan memotivasi siswa agar terpacu untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan orang tua dengan kesiapan diri dalam menghadapi UAN pada siswa sekolah dasar. Hipotesis dalam penelitian ini bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan orang tua dengan kesiapan diri dalam menghadapi UAN. Penelitian ini dilakukan di 5 sekolah dasar di Kecamatan Gunungpati Semarang. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling dengan menggunakan dua skala penelitian yaitu skala dukungan orang tua dan skala kesiapan diri dalam menghadapi UAN. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dari pearson dengan meggunakan Cronbach Alpha dibantu SPSS 15.0 for window. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan orang tua dengan kesiapan diri dalam menghadapi UAN ditunjukkan dengan nilai p = 0,000 dan r = 0,498. Hasil kategori data menunjukkan bahwa subjek penelitian memiliki dukungan orang tua yang tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 109,66 dan rerata hipotetik 80 dan kesiapan diri dalam menghadapi UAN juga tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 92,03 dan rerata hipotetik 67,5. Dukungan orang tua memberikan sumbangan efektif terhadap kesiapan diri dalam menghadapi UAN sebesar 24,8% berarti masih terdapat 75,2% faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kesiapan diri dalam menghadapi UAN seperti kematangan, motif dan intelektual. Hasil step wais menunjukkan dukungan instrumental sebesar 1,209%, dukungan emosi sebesar 0,001%, dukungan penghargaan sebesar 91,650% dan dukungan informasi sebesar 7,139%. Jadi dukungan penghargaan lebih dominan pengaruhnya terhadap kesiapan diri dalam menghadapai UAN sebesar 91,650% .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Orang tua, Kesiapan diri dalam Menghadapi UAN, Siswa SD Kelas VI.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 25 Apr 2012 11:15
Last Modified: 25 Apr 2012 11:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18269

Actions (login required)

View Item View Item