Wibisono, Endarmadi Kunto (2011) Implementasi Aplikasi Augmented Reality Sebagai Alat Peraga Dalam Pelajaran Fisika Materi Tata Sury. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (172kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (843kB) |
Abstract
Salah satu dari inovasi Game Technology yang akan digunakan dalam membangun alat peraga sebagai penunjang KBM adalah Augmented Reality (AR), yaitu penggabungan antara dunia nyata dan dunia maya, di mana objek virtual overlayed pada dunia nyata. Dari segi teknis, teknologi augmented reality merupakan teknologi transformatif, dimana sistem interaksi melingkupi keseluruhan lingkungan di luar tampilan layar. Dari segi strategis, pemanfaatan alat peraga berbasis teknologi augmented realitysangat bermanfaat dalam meningkatkan proses belajar mengajar karena teknologi augmented reality memiliki aspek-aspek hiburan yang dapat menggugah minat peserta didik untuk memahami secara kongkret mengenai pengetahuan umum tentang kegunungapian melalui representasi visual 3D dengan melibatkan interaksi user dalam frame augmented reality. Penulis merancang sebuah aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran menggunakan program Blender yang berlisensi open-source sehingga dapat diunduh langsung pada situsnya.Modelling, texturing dan gaming adalah proses dalam pembuatan sistem pemandu tersebut. Modelling adalah proses pembuatan obyek Sistem Tata Surya beserta planet-planetnya, fenomena gerhana bulan dan gerhana matahari menjadi virtual 3 dimensi, texturing adalah proses pemberian warna pada objek 3 dimensi yang dibuat dan Gaming adalah proses pembuatan sistem agar dapat dijalankan secara interaktif. Alat peraga menggunakan sistem Augmented Reality lebih mudah dipahami dibandingkan alat peraga konvensional, Melalui alat peraga ini siswa seolah-olah dihadapkan pada objek yang dipelajari secara nyata sehingga Proses Belajar Mengajar lebih menyenangkan bahkan alat peraga dengan sistem Augmented Reality dapat membantu peserta didik untuk memahami materi pelajaran dengan mudah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak D400/2012-09 |
Uncontrolled Keywords: | Alat peraga, Augmented Reality, Blender, 3D |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 23 Apr 2012 06:30 |
Last Modified: | 12 Dec 2018 03:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18167 |
Actions (login required)
View Item |