SETIAWAN, HENDRI (2012) Persepsi Mahasiswa S1 Akuntansi Reguler Dan Ekstensi Tentang Pendidikan Profesi Akuntansi (Studi Kasus Di Universitas Sebelas Maret Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (81kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
Abstract
Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) merupakan jenjang pendidikan tambahan yang ditujukan bagi seorang lulusan sarjana ekonomi jurusan akuntansi yang ingin mendapatkan gelar Akuntan. Setelah adanya program tersebut apakah mahasiswa terdorong untuk memiliki dan meningkatkan kualitas diri dan kemampuannya dalam bidang akuntansi. Apakah dorongan tersebut dibentuk oleh persepsi positif mahasiswa terhadap keberadaan PPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah terdapat persepsi yang positif atau negatif antara mahasiswa S1 akuntansi reguler dan mahasiswa S1 akuntansi ekstensi terhadap penyelenggaraan PPA; (2) Apakah terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa S1 akuntansi reguler dengan mahasiswa S1 akuntansi ekstensi terhadap penyelenggaraan PPA. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akutansi S-1 reguler dan ekstensi pada Universitas Sebelas Maret Surakarta. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Sampel penelitian diperoleh sebanyak 64 orang mahasiswa. Data yang diperoleh di uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan cronbach’s alpha. Analisis data mengunakan uji normalitas, uji Z untuk hipotesis 1 serta uji Mann-Whitney untuk uji hipotesis 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mahasiswa reguler dan ekstensi di Jurusan Akuntansi FE UNS memiliki persepsi yang positif terhadap PPA. Nilai ratarata riil sebesar 85,75 melebihi rata-rata harapan sebesar 72. Kemudian diperkuat dengan hasil uji hipotesis 1 dengan uji Z yang memperoleh nilai Zhitung sebesar 1,570 dengan nilai p=0,014. Dikarenakan nilai p < ? atau 0,014 < 0,05; (2) Terdapat perbedaan persepsi tentang PPA antara mahasiswa reguler dan ekstensi di Jurusan Akuntansi FE UNS. Terbukti dari hasil uji hipotesis 2 yang memperoleh nilai ? 2 hitung > ? 2 tabel (23,183 > 3,841) dengan p<0,05 dan H2 diterima. Mahasiswa reguler memiliki persepsi yang lebih positif (87,647) dibandingkan mahasiswa ekstensi (78,308). Artinya terdapat perbedaan persepsi di antara kalangan mahasiswa tentang PPA khususnya pada aspek gelar akuntan, minat dan kemampuan, instrumen pendukung PPA, dan keterkaitan PPA dengan dunia kerja.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan profesi akuntansi (PPA), mahasiswa reguler dan ekstensi, persepsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Apr 2012 07:41 |
Last Modified: | 18 Apr 2012 09:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18037 |
Actions (login required)
View Item |