Analisis Faktor- Faktor Yang Menentukan Efektivitas Sistem Informasi Pada Organisasi Sektor Publik

KHASANAH, ALIFATUL (2012) Analisis Faktor- Faktor Yang Menentukan Efektivitas Sistem Informasi Pada Organisasi Sektor Publik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (794kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah dukungan manajemen puncak, manajemen sistem informasi, kepuasan pengguna, budaya organiasi dan penggunaan sistem informasi berpengaruh terhadap efektivitas sistem informasi pada organisasi sektor publik. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi dan landasan menentukan kebijakan terkait dengan efektivitas sistem informasi. Penelitian ini menggunakan teknik survei yaitu suatu penelitian dengan cara pengambilan sampel dari suatu populasi tertentu dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada karyawan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi yang menggunakan sistem informasi dalam melaksanakan tugasnya. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi yang menggunakan sistem informasi dalam melaksanakan tugasnya yang berjumlah 260 orang. Dengan ukuran populasi (N) sebanyak 260 dan dengan persen kelonggaran ketidaktelitian karena kesalahan pengambilan sampel yang dapat ditolerir atau diinginkan (ℯ) 0,1 penelitian ini menggunakan 72 sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dukungan manajemen puncak tidak berpengaruh signifikan terhadap efektivitas sistem informasi pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi, sehingga H1 ditolak. Manajemen sistem informasi berpengaruh signifikan terhadap efektivitas sistem informasi pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi, sehingga H2 diterima. Kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap efektivitas sistem informasi pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi, sehingga H3 diterima. Budaya organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap efektivitas sistem informasi pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi, sehingga H4 ditolak. Penggunaan sistem informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap efektivitas sistem informasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi, sehingga H5 ditolak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dukungan manajemen puncak, manajemen sistem informasi, kepuasan pengguna, budaya organisasi, [enggunaan sistem informasi dan efektivitas sistem informasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2012 06:18
Last Modified: 18 Apr 2012 10:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18030

Actions (login required)

View Item View Item