Analisis Wacana Lha.... Dalah! Dalam Surat Kabar Joglo Semar Sebagai Materi Ajar Di Smp: Tinjauan Mikrostruktural Dan Makrostruktural

Rahmat, Rahmat (2011) Analisis Wacana Lha.... Dalah! Dalam Surat Kabar Joglo Semar Sebagai Materi Ajar Di Smp: Tinjauan Mikrostruktural Dan Makrostruktural. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini bersifat analisis dengan mengambil materi wacana Lha...Dalah! dalam surat kabar harian Joglo Semar. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) Menganalisis aspek mikrostruktural dan makrostruktural yang terdapat pada wacana Lha...Dalah! dalam surat kabar harian Joglo Semar edisi 28 Maret-2 April 2011 dan tanggal 6 Juni-18 Juni 2011. (2) Mengetahui kesesuaian wacana Lha...Dalah! sebagai materi ajar MPBI di SMP. Bentuk penelitian ini yaitu penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wacana Lha...Dalah! yang terdapat dalam surat kabar harian Joglo Semar edisi 28 maret-2 April dan tanggal 6 Juni-18 Juni 2011. Sumber data pada penelitian ini yaitu surat kabar harian Joglo Semar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode padan intralingual. Hasil penelitian ini, yaitu (1) menemukan kajian mikrostruktural dan Makrostruktural yang membangun wacana Lha...Dalah!, serta menemukan relevansi antara wacana Lha...Dalah! sebagai materi ajar yang sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) di SMP. (2) kajian Mikrostruktural meliputi aspek gramatikal (pengacuan, penyulihan, pelesapan, dan perangkaian) dan aspek leksikal (repetisi, sinonimi, kolokasi, hiponimi, dan ekuivalensi). (3) Menemukan kajian makrostruktural yang membangun wacana Lha...Dalah!, meliputi konteks situasi dan konteks sosial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: wacana, mikrostruktural, makrostruktural, materi ajar
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2012 08:07
Last Modified: 16 Apr 2012 08:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17962

Actions (login required)

View Item View Item