Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengutarakan Pendapat Kepada Orang Lain Melalui Metode Sosiodrama pada Anak Kelompok B Di TK ABA Manjungan Klaten Tahun 2011/2012

ROMDIYATUN , SITI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengutarakan Pendapat Kepada Orang Lain Melalui Metode Sosiodrama pada Anak Kelompok B Di TK ABA Manjungan Klaten Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB__I.pdf

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
BAB__II.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengutarakan pendapat anak dengan menerapkan metode sosiodrama. Kemampuan mengutarakan pendapat pada anak perlu ditingkatkan karena mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berhubungan dengan orang lain, oleh karena itu perlu diterapkan suatu metode pembelajaran yang tepat, menarik, dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan mengutarakan pendapat adalah dengan menerapkan metode sosiodrama. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok B di TK ABA Manjungan Klaten tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran sosiodrama dikumpulkan melalui observasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan tehnik komparasi/perbandingan, yaitu membandingkan antara hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengutarakan pendapat anak dengan menerapkan metode sosiodrama, yakni sebelum tindakan 37,26%, siklus I mencapai 65,12%, siklus II mencapai 75,54%, dan siklus III mencapai 82,33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan mengutarakan pendapat pada anak Taman Kanak-kanak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Sosiodrama, Kemampuan Mengutarakan Pendapat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 13 Apr 2012 10:21
Last Modified: 13 Apr 2012 11:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17914

Actions (login required)

View Item View Item