Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Kartu Huruf Pada Anak TK ABA Tambakboyo Pedan Klaten Kelas B Tahun 2011 / 2012

Baruki, Baruki (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Kartu Huruf Pada Anak TK ABA Tambakboyo Pedan Klaten Kelas B Tahun 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
03._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (4kB)
[img] PDF (Lampiran )
04._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui kartu pada anak TK ABA Tambakboyo Pedan Klaten Kelas B Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca, khususnya dalam mengidentifikasi kata, menggabungkan kata menjadi kalimat sederhana, dan mengidentifikasi hubungan bahasa lisan dan tulisan melalui kartu huruf. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas B TK ABA. Tambakboyo Pedan Klaten yang berjumlah 26 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan membaca melalui kartu huruf pada anak kelompok B TK ABA. Tambakboyo Pedan Klaten tahun pelajaran 2011/2012, sebelum tindakan adalah: 40 % siklus 1 meningkat menjadi 50 % Peningkatan setelah diadakan penelitian pada siklus II mencapai 75%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Membaca, Permainan, Kartu Huruf
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 13 Apr 2012 08:58
Last Modified: 13 Apr 2012 08:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17899

Actions (login required)

View Item View Item