Arfiati, Arfiati (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card Di Kelompok B TK ABA Blanceran I Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (817kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (129kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (878kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak melalui media flash card di kelompok B TK’Aisyiyah Blanceran I Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Sebelum diadakan tindakan, kemampuan membaca permulaan anak kurang dan guru sudah menggunakan berbagai metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak. Solusi yang dipergunakan penelitian ini adalah dengan menggunakan media flash card. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK ‘Aisyiyah Blanceran I yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dam wawancara. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Dalam penelitian ini diharapkan dengan media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada TK ‘Aisyiyah Blanceran I Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012 meningkat minimal 75% dari 12 anak. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini di TK ‘Aisyiyah Blanceran I sebelum dilakukan penelitian ini kemampuan membaca permulaan hanya dimiliki 3 anak (25%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan media flash card pada siklus I kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 5 anak ( 41,67%) dan pada siklus II menjadi 9 anak (75%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan di kelompok B TK ‘Aisyiyah Blanceran 1 Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A520/2012-18 |
Uncontrolled Keywords: | Kemapuan Membaca Permulaan, flash card |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 12 Apr 2012 09:03 |
Last Modified: | 25 Jun 2012 07:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17871 |
Actions (login required)
View Item |