Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Melalui Bermain Gambar (Pada Anak Kelompok B1 TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Gading V, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten) Tahun Ajaran 2011-2012

ROMIYATUN , ROMIYATUN (2012) Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Melalui Bermain Gambar (Pada Anak Kelompok B1 TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Gading V, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten) Tahun Ajaran 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui proses peningkatan kosakata bahasa Inggris anak usia dini melalui bermain gambar kelompok B1 TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Gading V, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten. Tahun ajaran 2011-2012. (2) mengetahui seberapa besar peningkatan kosakata bahasa Inggris anak usia dini melalui bermain gambar kelompok B1 TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Gading V,Belangwetan, Klaten Utara, Klaten tahun ajaran 2011-2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas B1 TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Gading V, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten yang berjumlah 19 anak. Penelitian ini bersifat kolaborasi antara peneliti, guru dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi peningkatkan kosa kata bahasa Inggris anak usia dini melalui bermain gambar, wawancara yang digunakan adalah peneliti dengan anak, peneliti dengan kepala sekolah, dan dokumentasi dalam penelitian ini adalah foto kegiatan anak dan guru, peneliti serta kepala sekolah dalam kegiatan pembelajaran kosa kata bahasa Inggris melalui bermain gambar. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kosa kata bahasa Inggris anak kelompok B1 TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Gading V, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten tahun ajaran 2011-2012 sebelum dilaksanakan tindakan peneltian kelas sebesar 50,52%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu melalui bermain gambar dapat meningkatkan kosa kata bahasa Inggris anak diperoleh hasil sklus I menjadi 62,63% dan siklus II meningkat menjadi 77,50%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga melalui bermain gambar dapat meningkatkan kosa kata bahasa Inggris anak usia dini kelompok B1 TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Gading V, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten tahun ajaran 2011-2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A520/2012-37
Uncontrolled Keywords: Kosa kata Bahasa Inggris Anak Usia Dini, Bermain gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 Apr 2012 10:08
Last Modified: 25 Jun 2012 07:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17828

Actions (login required)

View Item View Item