Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Karangkendal Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012

Listyana, Asri (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Karangkendal Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (551kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
BAB_I.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Bab.II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.III)
BAB_III.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Bab.IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab.V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dari realitas yang terjadi dalam proses pembelajaran IPA di sekolah dasar, banyak guru yang masih menggunakan metode-metode konvensional sehingga pembelajaran berpusat pada guru, siswa kurang aktif dan hasil belajar IPA rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Karangkendal kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan 2 (dua) siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 16 siswa kelas V SD Negeri 2 Karangkendal kecamatan Musuk kabupaten boyolali. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 31,25% atau sebanyak 5 siswa mendapatkan nilai ≥ 65(KKM) dari 16 siswa, pada pelaksanaan siklus I meningkat sebesar 60,64% atau sebanyak 9 siswa mendapatkan nilai ≥ 65(KKM), dan pada pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan sebesar 93,75% atau sebanyak 15 siswa mendapatkan nilai ≥ 65(KKM). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan STM dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran IPA Kelas V di SD Negeri 2 Karangkendal Kabupaten Boyolali tahun 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan STM, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 05 Apr 2012 11:14
Last Modified: 05 Apr 2012 11:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17731

Actions (login required)

View Item View Item