Peningkatan Kemampuan Pemahaman Unsur Intrinsik Novel Laskar Pelangi Dengan Memanfaatkan Media Audio-Visual Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

HARIYANTO , HARIYANTO (2012) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Unsur Intrinsik Novel Laskar Pelangi Dengan Memanfaatkan Media Audio-Visual Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal. Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan pemahaman unsur ntrinsik novel pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta dengan memanfaatkan media Audio-Visual dan (2)untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran memahami unsur instrinsik novel pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Data dalam penelitian yaitu informasi yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan pemahaman siswa dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran memahami unsur intrinsik novel askar Pelangi dengan menggunakan media audio-visual. Sumber data dalam penelitian ini adalah empat dan peristiwa yaitu di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, informan yaitu guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, dokumen, dan hasil observasi. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan metode observasi, wawancara, teknik tes atau penugasan, dan skala sikap. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Audio-Visual dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam pembelajaran memahami unsur intrinsik novel. Siswa berhasil mencapai KKM yang ditentukan yaitu 6,5. Pada siklus I sebanyak 17 siswa atau 48,57% siswa berhasil mencapai KKM, pada siklus II meningkat menjadi 35 siswa atau 100% siswa berhasil mencapai KKM. Pengunaan media Audio-Visual juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran memahami unsur intrinsik novel, pada siklus I sebesar 7 siswa aktif dalam bertanya, sebesar 6 siswa aktif dalam menanggapi informasi dari guru dan 3 siswa aktif menjawab pertanyaan dari guru. Pada siklus II terjadi peningkatan keaktifan yaitu sebesar 11 siswa aktif dalam bertanya, sebesar 7 siswa aktif dalam menanggapi informasi dari guru dan 9 siswa aktif menjawab pertanyaan dari guru

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak a310/2012-05
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Pemahaman, Unsur Instrinsik, Novel Laskar Pelangi, Media Audio-Visual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 04 Apr 2012 10:43
Last Modified: 19 Jun 2012 07:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17693

Actions (login required)

View Item View Item