Nilai-nilai Edukatif dalam Novel 9 Matahari Karya Adenita: Tinjauan Semiotik dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra Indonesia di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Gondangrejo Kabupaten Karanganyar

Mubarokah, Lailatun (2012) Nilai-nilai Edukatif dalam Novel 9 Matahari Karya Adenita: Tinjauan Semiotik dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra Indonesia di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depab)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)

Abstract

Matahari karya Adenita, (2) Memaparkan nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam novel 9 Matahari karya Adenita dengan tinjauan semiotik, (3) Mendeskripsikan pengimplementasian hasil analisis nilai-nilai edukatif dalam novel 9 Matahari karya Adenita kepada siswa kelas XI IPA 2 melalui pembelajaran sastra di SMA Negeri Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Strategi yang digunakan dalam penelitian kualitatif memanfaatkan studi kasus terpancang (embedded case study research). Data kualitatif dalam penelitian ini adalah kata, frase, klausa, dan kalimat yang terdapat dalam novel 9 Matahari karya Adenita. Dan data yang diperoleh dari hasil implementasi nilai-nilai edukatif dalam novel 9 Matahari karya Adenita terhadap pembelajaran sastra di kelas XI IPA 2 SMA Negeri Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Sumber datanya adalah novel 9 Matahari karya Adenita yang diterbitkan oleh Grasindo 2008. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik pustaka, catat, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan analisis struktural dapat disimpulkan, novel ini menunjukkan hubungan fungsional antarunsur sehingga terjalin keterpaduan makna. Novel 9 Matahari karya Adenita mengusung tema perjuangan Matari Anas, tokoh utama, dalam meraih gelar sarjana. Alur yang digunakan yaitu alur campuran karena terdapat adegan sorot balik. Alur dan penokohan didukung dengan latar tempat di Jakarta dan Bandung, serta latar waktu terjadi pada tahun 1998-2007. Berdasarekan hasil analisis semiotik nilai-nilai edukatif dalam novel 9 Matahari karya Adenita antara lain (1) meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa, (2) cinta dan kasih sayang, (3) penghargaan, (4) kesabaran, (5) kesederhanaan, (6) tanggung jawab, (7) keikhlasan, (8) ketangguhan, dan (9) kemandirian. Hasil implementasi nilai edukatif dalam novel 9 Matahari kepada siswa kelas XI IPA 2 melalui pembelajaran sastra di SMA Negeri Gondangrejo Kabupaten Karanganyar, diperoleh presentase kuesioner sebagai berikut: (1) Respon siswa terhadap nilai meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa sebanyak 20 siswa (80%) menyatakan sangat setuju; (2) Respon siswa terhadap nilai cinta dan kasih sayang sebanyak 18 siswa (72%) menyatakan sangat setuju; (3) Respon siswa terhadap nilai kesabaran sebanyak 15 siswa (60%) menyatakan sangat setuju; (4) Respon siswa terhadap nilai kesederhanaan sebanyak 17 siswa (68%) menyatakan cukup setuju; (5) Respon siswa terhadap nilai tanggung jawab sebanyak 16 siswa (64%) menyatakan sangat setuju; (6) Respon siswa terhadap nilai keikhlasan sebanyak 15 siswa (60%) menyatakan cukup setuju; (7) Respon siswa terhadap nilai kemandirian sebanyak 16 siswa (64%) menyatakan cukup setuju; (8) Respon siswa terhadap nilai penghargaan sebanyak 14 siswa (56%) menyatakan cukup setuju; dan (9) Respon siswa terhadap nilai ketangguhan sebanyak 17 siswa (68%) menyatakan cukup setuju; (10) Respon siswa terhadap sikap percaya diri, kreatif, kerja keras, dan pantang menyerah sebanyak 17 siswa (68%) menyatakan sangat setuju.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A310/2012-12
Uncontrolled Keywords: nilai edukatif, novel 9 Matahari, implementasi.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Mar 2012 09:48
Last Modified: 19 Jun 2012 06:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17618

Actions (login required)

View Item View Item