Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dengan Teknik Tandur Pada Siswa Kelas VIIC SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011

Hartini, Hartini (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dengan Teknik Tandur Pada Siswa Kelas VIIC SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 dengan menggunakan teknik tandur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan teknik tandur yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data observasi berupa aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi dan data berupa hasil karangan narasi siswa dan nilai menulis karangan narasi. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis dan interaktif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan karangan narasi siswa dari pra siklus sampai siklus II melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa baik dalam aspek kognitif maupun motivasi belajar. Aspek kognitif dilihat dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai ³ 62, pada saat pra siklus ada sebanyak 14 siswa (48,5%), siklus I sebanyak 28 siswa (85%), dan pada siklus II sebanyak 31 siswa (94%). Rata-rata kelas mengalami peningkatan yakni pada pra siklus sebesar 62, siklus I sebesar 69, dan pada siklus II sebesar 75. Peningkatan motivasi belajar meliputi dua hal yakni keaktifan dan kesiapan siswa dalam menerima pelajaran. Dilihat dari keaktifan siswa dari pra siklus sampai siklus II sebesar (6-9-12), sedangkan dari kesiapan siswa sebesar (18-25-32). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik tandur dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Menulis Narasi, Teknik Tandur.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Mar 2012 11:19
Last Modified: 29 Mar 2012 11:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17608

Actions (login required)

View Item View Item